Cara Mengembalikan Salah Transfer di Bank BCA

Cara mengembalikan salah transfer di bank BCA – Sebenernya ini bukan merupakan cara yang mutlak berhasil sih, tapi setidaknya ini bisa menjadi tips bagi kita jika suatu saat kita salah transfer ke rekening yang sebenernya tidak akan kita transfer. Keberhasilan cara ini sangat bergantung dari pihak BCA dan pihak orang yang menerima uang dari transaksi kesalahan transfer tersebut.

Kejadian ini baru saja Mas Luhur alami, tapi di kasus ini, Mas Luhur bukan pihak yang melakukan kesalahan transfer, melainkan pihak penerima dana dari orang yang salah transfer. Dengan kejadian ini maka Mas Luhur putuskan untuk posting dan berbagi kepada semua pembaca agar bisa membantu para pembaca yang mengalami permasalahan salah transfer di bank BCA.

Kronologisnya kejadiannya seperti ini: Pada tanggal 9 Mei 2012 Mas Luhur menerima transfer sebesar 1,7 juta dari rekening yang tidak dikenal. Mas Luhur sempet kaget dan penasaran kenapa orang tersebut transfer ke rekening saya, padahal tidak ada transaksi penjualan ataupun transaksi lainnya.

Mas Luhur akhirnya berpikiran paling orang tersebut salah transfer, seperti yang pernah saya alami beberapa kali, kalau ada orang salah transfer dia paling menghubungi saya dan saya akan segera mengembalikan dana itu kepada orang yang melakukan kesalahan transfer.

Setelah menunggu satu dua hari nggak ada kabar dari pengirim, dan Mas Luhur mulai
berangan-angan mungkin si pengirim mengikhaskan kali ya, he he… tapi nggak mungkin ah karena uang 1,7 juta bukan uang yang sidikit. Itulah yang ada di benak Mas Luhur saat itu.

Menginjak hari ketiga yaitu 12 Mei 2012, pada saat Mas Luhur mengecek informasi saldo lewat internet banking, ternyata saldo efektifnya berbeda dengan saldo mutasi. Besar saldo efektif lebih sedikit dibandingkan saldo mutasi. Selisihnya 1,7 juta sama dengan jumlah uang yang saya terima karena salah transfer tersebut.

Dari sini Mas Luhur beranggapan bahwa dana 1,7 juta tersebut langsung dikembalikan oleh pihak bank, tapi nggak mungkin kan pihak bank melakukan transaksi tanpa sepengetahuan si pemilik rekening.

Tiba-tiba HP berdering dan saya lihat nomor asing (nomor jakarta) ternyata adalah dari pihak bank BCA. Dia mengkonfirmasikan bahwa pada tanggal 9 Mei telah terjadi kesalahan trasfer ke rekening saya sebesar 1,7 juta dari rekening sekian-sekian dan dana tersebut saat ini telah dipisahkan / di blokir sementara tidak bisa di pakai untuk transaksi. Ternyata ini yang menyebabkan selisih antara saldo efektif dan saldo mutasi rekening.

Masih dalam percakapan telpon, pihak bank menyuruh kesediaan saya untuk mengembalikan dana yang bukan menjadi hak saya tersebut dan memberikan 3 pilihan yaitu:

  1. Supaya datang ke kantor cabang bank BCA terdekat supaya bisa dibantu untuk proses pengembalian dana ke pihak orang yang salah transfer tersebut.
  2. Kalau saya tidak bersedia repot mengurus ke kantor cabang BCA terdekat maka
    pihak bank meminta ijin untuk memberikan data nomor HP saya ke orang yang melakukan salah transfer tersebut supaya orang tersebut dapat menghubungi saya dan kasus ini bisa di selesaikan antara saya dan si pengirim sendiri dan pihak bank akan membuka blokir uang yang dipisahkan sebesar 1,7 juta tadi.
  3. Pilihan terakhir, pihak BCA akan memberikan nomor rekening orang yang salah transfer tersebut kepada saya dan akan membuka blokir uang yang pisahkan sebesar 1,7 juta tadi dengan syarat saya harus segera transfer balik ke nomor rekening tersebut.

Setelah berpikir sebentar maka Mas Luhur putuskan untuk ambil pilihan yang terakhir dengan alasan supaya tidak repot harus ke kantor cabang BCA. Pihak bank BCA lalu memberitahu nomor rekening yang bersangkutan dan langsung Mas Luhur catat. Kata pihak bank BCA akan segera membuka blokir tersebut dan pembicaraan lewat telpon selesai.

Tanpa menunda-nunda lagi lalu Mas Luhur transfer sebesar 1,7 juta ke rekening atas nama orang yang salah transfer, yang baru saja diberikan oleh pihak bank BCA. Kini saldo efektif sudah sama dengan dengan saldo mutasi rekening, dan saya anggap masalah ini selesai. Semoga keputusan Mas Luhur ini bisa menjadi berkat rejeki keluarga saya karena memang itu bukan hak saya.

Dari kejadian ini bisa kita ambil hikmah, misalnya suatu saat pembaca mengalami kejadian serupa yaitu salah transfer di Bank BCA, maka bisa segera menghubungi pihak Bank BCA melalui Customer Servicenya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Bisnis Online Terpercaya

4 Responses to “Cara Mengembalikan Salah Transfer di Bank BCA”

  1. sumcara says:

    Infomrasi yang sangat berharga mas luhur. O ya sekarng bank BCA lagi ada kontes penulisan di blog. Sudah ikutan?

  2. Yotta Baca says:

    terimakasih infonya mas, semoga bs di praktekkan :)

  3. Baru ngalamin nih… kejadian salah transfer

Tulis Komentar

salah transfer bca, salah transfer, salah transfer rekening bca, salah transfer uang, cara membatalkan transfer bca, pembatalan transfer bca, cara mengembalikan uang yang salah transfer, cara cancel transfer bca, salah transfer uang bca, membatalkan transfer bca, cara membatalkan transaksi bca, cara mengatasi salah transfer, cara mengurus salah transfer, solusi salah transfer bca, bca salah transfer, solusi salah transfer uang, cancel transfer bca, cara membatalkan transfer bri, cara membatalkan transfer uang di bank, yhs-ddc_bd, bagaimana mengembalikan saldo BRI yang salah transfer ke BCA, apakah jika salah transfer di bca akan membuat uang hilang, jika salah transfer bca, Cara membatalkan transfer dari BRI ke BNI, cara memblokir rekening bca karna salah transfer